Minggu, 29 September 2013

5 PERKARA YANG PERLU DILAKSANAKAN DENGAN SEGERA.

Agama islam mengajarkan bahwa di dalam melaksanakan setiap pekerjaan hendaklah dilakukan dengan penuh hati-hati dan perhitungan, sebagaimana kata pepatah, "di dalam keberhati-hatian itu ada keselamatan, dan di dalam sikap tergesa-gesa biasanya mengandung penyesalan."

Akan tetapi ada 5 perkara yang memang harus dilaksanakan dengan segera, yaitu:

1. Sholat apabila sudah tiba waktunya.

2. Mengubur jenazah.


Tidak baik menyemayamkan jenazah sampai dua atau tiga hari di rumah. Dan yang lebih baik mengubur jenazah itu adalah di tempat dimana ia meninggal. Contohnya Rasululluah SAW, meskipun beliau lahir di tanah Mekkah, lalu beliau wafat di Madinah, maka beliau dimakamkan di Madinah, karena pada prinsipnya agama memberikan kemudahan.

3. Menikahkan anak perempuan. Apabila anak perempuan meminta untuk dinikahkan, dan umurnya pun sudah memasuki ambang pintu untuk menikah, maka segeralah orang tuanya menikahkan anaknya.

4. Membayar hutang.

Apabila sudah ada uang untuk membayarnya, maka segeralah dibayar, untuk mencegah kemungkinan akan digunakannya uang tersebut untuk kepentingan lain, sehingga hutang teruslah menjadi hutang.

5. Bertaubat apabila mengerjakan perbuatan dosa.

Allah SWT berfirman: "Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah, Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali - Imran: 135).

Rasulullah SAW bersabda, "setiap anak Adam pasti mempunyai dosa dan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang mempunya dosa dan kesalahan adalah orang yang segera bertaubat." (Mutafaqun alaih)

Sampaikanlah kepada orang lain, maka ini akan menjadi Shadaqah Jariyah pada setiap orang yang Anda kirimkan pesan ini. Dan apabila kemudian dia mengamalkannya, maka kamu juga akan ikut mendapat pahalanya sampai hari kiamat...

Ada 2 pilihan untuk Anda:

1. Biarkan di dalam BBM, catatan atau pikiran Anda tanpa bermanfaat untuk orang lain.

2. Anda sebarkan pada semua kenalan anda. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkan, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala.

Tidak ada komentar:

Hukum “Pedekate” dengan Facebook dan Alat Komunikasi / sosmed Lainnya

Assalamualaikum wr.wb. Berikut ini adalah salah satu hasil bahtsul masail diniyyah atau pembahasan masalah keagamaan oleh Forum Musyawarah P...